Saturday, 10 December 2016 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu libur
Home » Artikel dan Tips » Penghematan BBM dengan Merawat Kendaraan Anda

Bagaimana Melakukan Penghematan BBM

Kendaraan adalah sebuah alat yang peka terhadap rangsangan, tentunya jika kita malakukan perawatan kendaraan dengan rutin dan baik, maka kendaraan yang anda pakai akan memberikan kenyamanan yang maksimal dan lebih bagusnya adalah terjadinya penghematan BBM secara normal.

hemat bbm

Apa saja yang harus sobat perhatikan dalam hal melakukan perawatan kendaraan dengan tujuan penghematan BBM:

sistem pembakaran mesin

1. Pengapian dan Kelistrikan kendaraan. Sistem kelistrikan di dalam kendaraan sangat berpengaruh sekali dalam hal penghematan BBM. Beberapa komponen di dalam sistem kelistrikan yang perlu dilakukan penggantian dan perawatan:

a. Kabel Busi: Tahukah anda bahwa kabel busi yang masih bagus memiliki tahanan kurang dari 25 Ohm, jika anda sudah melakukan pengecekan tahanan pada kabel busi anda dan menemukan bahwa resistansinya melebihi 25 Ohm. Gantilah kabel busi anda dengan yang baru. Untuk lebih mengoptimalkan dan meminimalkan tegangan liar pada kabel busi maka saya sarankan anda menambahkan Ferrite Snap Clamps yang diletakkan mendekati busi. Dengan terserapnya tegangan liar di kabel busi oleh Ferrite membuat pengapian busi lebih sempurna. Dimana menemukan Ferrite Snap Clamp? Ada di halaman produk web ini.

b. Busi. Di market ada 2 jenis busi yang berbeda. Yang pertama adalah Busi Dingin dan satunya adalah Busi Panas, selalu sesuaikan penggunaan busi dengan karakteristik kendaraan anda. Busi adalah sebuah komponen yang habis pakai dan memerlukan penggantian secara berkala, ciri ciri bahwa busi anda bermasalah adalah seperti ini: Mesin ndut ndutan dan tersendat, mesin pincang, tidak bertenaga khususnya pada saat melewati tanjakan.

c. Koil. Tugas utama dari koil adalah melakukan perubahan voltase dari 12 Volt dari Accu menjadi 25.000 – 30.000 Volt. Koil juga memiliki masa tenggang pakai dan memerlukan penggantian, ciri ciri koil yang sudah memerlukan penggantian adalah seperti ini: Koil panas, Sedikit ada sendatan yang biasanya terjadi pada RPM tinggi, mesin mati, tenaga mesin kurang dan mesin terasa kasar.

d. ECU (kendaraan baru)/Platina dan CDI (kendaraan lama). Fungsi dari alat ini adalah melakukan pengaturan timing pengapian yang akan di distribusikan ke busi melewati kabel busi. Untuk ECU memerlukan tegangan diatas 12 Volt agar bekerja dengan maksimal, jika ECU memperoleh tegangan dibawah 12 Volt maka sistem pengapian pada kendaraan anda tidak akan maksimal dan efeknya adalah permorma mesin menurun serta boros BBM.
Untuk kendaraan yang masih menggunakan Platina memerlukan perawatan dan pembersihan yang rutin. Gejala Platina yang bermasalah adalah seperti ini: mesin tersendat sendat, tidak bisa langsam, mesin sering mati bahkan mati total. Cobalah untuk membersihkan platina anda, jika masih sama maka gantilah dengan yang baru.
CDI adalah generasi setelah teknologi Platina dan gejala masalahnya sama dengan Platina, hanya saja CDI tidak bisa di bersihkan. Timbul gejala seperti diatas, gantilah CDI anda dengan yang baru.

2. Fuel Flow. Aliran BBM di kendaraan anda memiliki sistem seperti ini: dari tangki bensin menuju Filter BBM setelah itu menuju karburator/injeksi. Ciri kendaraan yang bermasalah dengan fuel flow adalah seperti ini: Kendaraan tersendat sendat, tenaga mesin berkurang khususnya ketika berada di tanjakan, mesin susah hidup.

sistem aliran BBM kendaraan
Kendaraan dengan fuel flow yang bermasalah akan boros BBM, contohnya: ketika mesin tersendat maka secara naluri anda akan menginjak pedal gas lebih dalam sehingga pada saat itu aliran BBM dipaksa masuk, ketika sumbatan pada filter BBM berubah posisi maka BBM dalam jumlah tinggi akan masuk ke sistem pembakaran.
Cara mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penggantian Filter BBM secara rutin dan mengadakan pembersihan di tangki bensin/solar dari karat.

3. Kualitas Bahan Bakar. Kualitas BBM jenis bensin atau solar sangat menentukan akselerasi dari mesin. Dengan menggunakan pertamax jarak tempuh yang akan anda dapatkan akan lebih banyak dari pada anda menggunakan premium.


Cara meningkatkan kualitas BBM juga ada bermacam – macam, ada yang menggunakan aditif tambahan dalam bentuk cairan atau pil. Ada juga yang menggunakan magnet penghemat BBM. Kalau saya sendiri menggunakan Magnet penghemat BBM yang langsung saya datangkan dari China. Sehingga premium serasa Pertamax.

4. Oli Mesin yang Tidak Sesuai. Karakteristik dan kemampuan mesin yang berbeda sudah tentu memiliki spesifikasi khusus dalam hal penggunaan Oli Mesin. Untuk mesin Diesel biasanya menggunakan SAE 40 yang lebih kental dari mesin Bensin SAE 20 – 40, untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan injeksi membutuhkan oli yang lebih encer SAE 10 – 40. Salah pemilihan jenis oli mengakibatkan tidak terlumasi sempurnanya komponen yang bergesekan, sehingga gesekan bertambah besar sehingga mengakibatkan performa mesin menurun dengan tajam.


Selain itu mesin kendaraan juga dilengkapi dengan Filter Oli yang perlu dilakukan penggantian setelah 3 kali ganti oli, jika Filter oli tersebut tidak anda ganti pada waktunya maka kotoran yang tersaring akan kembali berputar di sistem pelumasan kendaraan anda.

5. Saringan Udara Kotor. Pembakaran pada mesin memerlukan BBM dan oksigen, supply oksigen dalam hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi Filter Udara kendaraan anda. Pada kondisi filter bersih setelah mesin kendaraan anda memiliki supply Oksigen untuk pembakaran yang cukup, tapi jika filter udara anda kotor maka mesin akan kekurangan oksigen sehingga daya bakar di raung pembakaran mesin akan berkurang, sedangkan setelan bensin yang masuk tetap sama. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan BBM.


Ada sebuah produk yang membantu mesin anda menerima asupan oksigen yang cukup, alat ini dinamakan Turbo Charge. Jenis Turbo ini bermacam macam, ada yang elektrik ada pula yang berupa fan penyearah. Di kendaraan saya menggunakan Dual Fan Turbo dan memang terbukti meningkatkan tarikan serta akselerasi mesin. Jika berminat silakan ke halaman produk situs ini.

6. Karburator/Injector yang Kotor. Alat ini berfungsi untuk mengatur campuran BBM dan udara yang akan di masukkan ke dalam ruang bakar. Jika alat ini dalam keadaan kotor akan menyebabkan: mesin tidak bertenaga, asap di knalpot dan boros BBM. Bersihkanlah karburator/injector anda dengan rutin.

Tips Hemat BBM Dikala Bokek

Ok sobat sampai di sini dulu tips dari saya, jangan lupa untuk melihat produk penghemat BBM di halaman produk serta membagikan artikel blog saya ini dengan kawan – kawan anda. Trims

Tips Mengemudi Agar Hemat BBM

4 March , 2015 , Kategori : Artikel dan Tips

Tips mengemudi hemat bbm dapat menjadi informasi yang sangat berharga bagi para pengemudi yang menginginkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Di saat harga bahan bakar minyak semakin naik dan ketersediaan cadangan minyak semakin berkurang; melakukan segala cara untuk... baca selengkapnya

Tip Hemat BBM Pada Motor dan Mobil

24 February , 2015 , Kategori : Artikel dan Tips

Tip hemat BBM (bahan bakar minyak) bisa Anda siasati dengan berbagai cara baik pada motor maupun mobil Anda. Anda perlu mendalami pengetahuan seputar tips atau cara melakukan penghematan konsumsi bahan bakar kendaraan. Pada dasaranya penghematan BBM pada sepeda motor... baca selengkapnya

Testimonial Pengguna Femax 8000 Gauss dan 9power Honda Tiger 200 cc

8 April , 2013 , Kategori : Blog Posting

Testimonial dan kesaksian pelanggan ini diberikan oleh Sdr. Adrian Wahyudi yang berdomisili di Sijunjung, Sumatera Barat. Dia menyebutkan bahwa lokasinya banyak terdapat jalanan yang naik turun dan berkelok kelok sehingga memerlukan alat penambah akselerasi motor yang bagus dan Penghemat... baca selengkapnya

Kesaksian Pengguna Ferrite TDK ZCAT 2132-1130

21 March , 2013 , Kategori : Blog Posting

Kesaksian Pengguna Ferrite TDK ZCAT 2132-1130 Kesaksian pelanggan ini diberikan oleh Sdr. Candra yang berdomisili di Semarang. Saat ini Sdr. Candra membeli Ferrite TDK ZCAT 2132-1130 ukuran 12 mm Max, yang dipasangkan di mobil Toyota Avanza tahun perakitan 2013.... baca selengkapnya

Kesaksian penggunaan Simota Turbo Ventilator di Grand Livina

15 March , 2013 , Kategori : Blog Posting

Kali ini saya memberikan sebuah kesaksian yang diberikan oleh Sdr. Dicky. Mas Dicky membeli sebuah Simota Turbo Ventilator untuk mobil Grand Livinanya, dikarenakan ingin merasakan penambahan akselerasi. Dia mendapatkan informasi dari temannya yang kebetulan telah membeli produk Simota dari... baca selengkapnya

Penghemat BBM dan Peningkat Akselerasi 9 Power Penghemat BBM Nanocard Oxygen Booster Nano Card Penghemat BBM Magnetic D1 Spec Japan Pivot Raizin Stabilizer Mobil Penghemat BBM Mobil Karburator Magnet Ionizer Femax FC 3000 Alat Penghemat BBM F1Z Turbo Charger Dual Fan NeoRoycer 8.000 Gauss Penghemat BBM Magnet Mobil dan Motor
* klik gambar produk

Blog Traffic

Pages

Pages|Hits |Unique

  • Last 24 hours: 353
  • Last 7 days: 1,924
  • Last 30 days: 8,688
  • Online now: 2

Hotline : 0812-1661-7878 SMS Center : 0812-1661-7878 BB Messenger : 52BC1777 nollypam@yahoo.com