Thursday, 28 August 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Minggu libur
Home » Blog Posting » Hemat BBM dengan Cek Tekanan Udara Pada Ban

Selalu Cek Tekanan Udara Pada Ban

Hai, sobat pada kali ini saya akan memberikan sebuah tips tentang bagaimana menghemat BBM dengan memperhatikan tekanan udara. Dengan memberikan tekanan ban yang baik dan sesuai dengan standart maka ban akan bekerja secara maksimal dan gaya geseknya akan berkurang.

Tahukan anda bahwa setiap bulan tekanan ban akan berkurang sekitar 1 psi? Jawabnya adalah molekul O2 lebih kecil dari pada pori pori ban sehingga sedikit demi sedikit udara dalam ban akan berkurang.

Bagaimana mengecek Tekanan Ban?

Tekanan ban dapat dilakukan pengecekan dengan menggunakan alat ukur tekanan ban, harga dari alat ini pun bervariatif sob. Saya pernah melihatnya di sebuah Giant Supermarket dengan harga diantara Rp. 8.000 s/d 40.000 untuk yang digital harganya lebih mahal sekitar Rp. 80.000 – 150.000. Saya akan berikan gambar alatnya di bawah ini.

alat ukur ban

Gambar Alat Ukur Ban

Atau jika sobat tidak mau membeli alat ukur ban, sobat bisa melihat secara visual tapak ban yang menempel di aspal. Di bawah ini adalah perbedaan ban yang cukup memiliki tekanan dan ban yang kurang tekanannya.

Memeriksa Tekanan angin ban

Gambar Tapak Ban

Berapa Standart Ukuran Tekanan Ban?

Setiap kendaraan dan spesifikasi dari ban itu sendiri memiliki karakteristik tekanan pada ban, saya akan memberikan kepada di gambar di bawah ini.

Gambar Standart Ukuran Angin Pada Ban

Bagaimana Mengoptimalkan Fungsi Ban?

Untuk memperoleh efisiensi tinggi terhadap pemakaian BBM sudah seharusnya sobat mengoptimalkan kinerja dari ban, ada beberapa cara untuk memaksimalkan kinerja ban:

  1. Malakukan pengecekan udara pada ban setiap 2 minggu sekali.
  2. Mengisi udara ban dengan Nitrogen.
  3. Melakukan Balancing dan Spooring setiap 10.000 KM.
  4. Melakukan rotasi penggantian ban. Ban depan jadi belakang begitu sebaliknya/ ban kanan jadi kiri.

Kenapa Menggunakan Nitrogen Membuat Ban Awet?

Sebetulnya mitos atau tidak sih, jika menggunakan ban yang berisi Nitrogen membuat ban awet, bensin irit dan mengurangi biaya perawatan? Mari kita kupas sama sama sob.

  1. Molekul O2 lebih kecil dari pada ban sehingga memungkinkan keluar dari ban, dengan berkurangnya O2 pada ban akan mengurangi tekanan ban. Proses ini lebih cepat terjadi jika kondisi ban pada suhu yang tinggi sehingga pemuaian O2 lebih besar.
  2. Pada udara biasa terdapat uap air dengan kadar sekitar 1%, dengan adanya uap air ini maka memungkinkan untuk terjadi korosi di pelek kendaraan anda.
  3. Titik Muai Nitrogen lebih kecil dari pada Oksigen sehingga kemungkinan keluar dari pori pori ban semakin kecil.
  4. Suhu dari Nitrogen lebih rendah dari pada Oksigen sehingga mempu menurunkan panas dari ban mobil/sepeda motor sobat.
  5. Dari poin 1-4 maka kerja ban akan lebih maksimal dan beban pada mesin akan berkurang.

Bagaimana Jika Di Jalan Tidak Ada Nitrogen?

Udara bumi yang kering mengandungi 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbon dioksida, dan gas-gas lain. Maka udara biasapun juga banyak mengandung Nitrogen, jika pada saat sobat melakukan perjalanan dan tidak menemukan pengisian Nitrogen maka tidak menjadi masalah jika sobat mencampurnya dengan udara biasa.

Ok sobat sampai di sini dulu tips kali ini tentang Penghematan BBM dengan Cara Memperhatikan Tekanan Ban. Jangan lupa untuk melihat Alat Penghemat BBM di Halaman produk, Silakan diShare jika artikel ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • 94 psi pada ban berapa beban
  • harga cek tekanan ban
  • ukuran tekanan

Testimonial Pengguna Femax 8000 Gauss dan 9power Honda Tiger 200 cc

8 April , 2013 , Kategori : Blog Posting

Testimonial dan kesaksian pelanggan ini diberikan oleh Sdr. Adrian Wahyudi yang berdomisili di Sijunjung, Sumatera Barat. Dia menyebutkan bahwa lokasinya banyak terdapat jalanan yang naik turun dan berkelok kelok sehingga memerlukan alat penambah akselerasi motor yang bagus dan Penghemat... baca selengkapnya

Kesaksian Pengguna Ferrite TDK ZCAT 2132-1130

21 March , 2013 , Kategori : Blog Posting

Kesaksian Pengguna Ferrite TDK ZCAT 2132-1130 Kesaksian pelanggan ini diberikan oleh Sdr. Candra yang berdomisili di Semarang. Saat ini Sdr. Candra membeli Ferrite TDK ZCAT 2132-1130 ukuran 12 mm Max, yang dipasangkan di mobil Toyota Avanza tahun perakitan 2013.... baca selengkapnya

Kesaksian penggunaan Simota Turbo Ventilator di Grand Livina

15 March , 2013 , Kategori : Blog Posting

Kali ini saya memberikan sebuah kesaksian yang diberikan oleh Sdr. Dicky. Mas Dicky membeli sebuah Simota Turbo Ventilator untuk mobil Grand Livinanya, dikarenakan ingin merasakan penambahan akselerasi. Dia mendapatkan informasi dari temannya yang kebetulan telah membeli produk Simota dari... baca selengkapnya

Penghemat Bensin dan Menambah Akselerasi Mobil Volvo 960 th. 94

13 March , 2013 , Kategori : Blog Posting

Postingan kali ini saya buat berdasarkan testimonial dari Dr. Agung yang berdomisili di RangkasBitung. Dan kebetulan nama Saya juga Agung (tapi bukan Dokter ya!!) Dr. Agung membeli Penghemat Bensin Mobil Femax magnetic ionizer 20.000 Gauss untuk mobil kesayangannya yang... baca selengkapnya

Pemasangan 9Power di Honda Supra x 125 cc

11 March , 2013 , Kategori : Uncategorized

Artikel ini adalah tutorial bagaimana memasang 9Power pada Supra X 125 cc tahun keluaran 2005, pemasangan ini Saya lakukan sendiri dan Saya sengaja buat videonya untuk memudahkan Anda untuk memasang 9Power di rumah. Efek setelah dipasang 9Power adalah: Tarikan... baca selengkapnya

Femax 20.000 Gauss Alat Penghemat BBM Mobil Penghemat BBM Ferrite TKK Japan 6-9 mm | Akselerator Mobil dan Sepeda Motor Penghemat Gas LPG untuk Kompor Hemat Energi Penghemat BBM dan Peningkat Akselerasi 9 Power Alat Penghemat BBM Mobil Neo Socket α Fuel Shark Ferrite TDK ZCAT 1730-0730 Penghemat BBM dan Optimalkan Sistem Pengapian Penghemat BBM dan Penambah Akselerasi Mesin Ferrite TDK Alat Penghemat BBM Simota Turbo Fan
* klik gambar produk

Blog Traffic

Pages

Pages|Hits |Unique

  • Last 24 hours: 417
  • Last 7 days: 3,273
  • Last 30 days: 21,328
  • Online now: 2

Hotline : 08883719454 SMS Center : 08883719454 BB Messenger : 32629862 nollypam@yahoo.com